nurbiytiara

A topnotch WordPress.com site

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah                 :     SMP 1 KUDUS   

Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

Kelas/ Semester               :     VIII/ I

Standar Kompetensi       :     1.   Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Kompetensi Dasar           :     1.1 Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara.

Alokasi Waktu                 :  1 x 20 menit

Indikator                          :  1. Menjelaskan pentingnya  ideologi bagi suatu bangsa dan negara

                                             2.  Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

                                             3.  Menjelaskan pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Siswa dapat menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara;
  2. Siswa dapat menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara;
  3. 3.      Menjelaskan pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh

ü  Karakter siswa yang diharapkan :

–          Semangat  Kebangsaan

–          Cinta Tanah Air

–          Tanggung jawab dan kreatif

–          Cerdas

 

B.     Materi Pembelajaran

  1. Pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara :
    1. Pengertian Ideologi
    2. Makna Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi Negara

1.)    Pengertian Pancasila sebagai dasar Negara

2.)    Pengertian pancasila sebagai ideologi nasional dan  Negara

3.)    Fungsi ideologi dalam suatu negara

  1. Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara :
    1. Sidang pertama BPUPKI tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945

1.)    Pada tanggal 29 Mei 1945, Mr. Muh. Yamin menyampaikan 5 usulan asas

2.)    Pada tanggal 1 Juni 1945 Ir. Soekarno 5 asas yang disebut pancasila

  1. Pada tanggal 22 Juni 1945 dibentuk panitia kecil yang beranggotakan 9 orang yang menghasilkan Piagam Jakarta (Jakarta Charter) yaitu rancangan hukum dasar.
  2. Pada Tanggal 18 Agustus 1945 sidang PPKI menghasilkan keputusan : menetapkan dan menegaskan UUD 1945 dan rumusan pancasila sebagai dasar negara termaktub di dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.
  3. Pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh

C.    Metode Pembelajaran

  1. Ceramah
  2. Model Pembelajaran inovatif “Temukan Pasanganku”

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran

  1. 1.      Pendahuluan
    1. Apersepsi

–          Guru memperhatikan kehadiran peserta didik dan menanyakan siswa yang tidak masuk. (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin).

–          Guru menunjukkan gambar tentang lambang negara

–          Guru meminta siswa menyebutkan dan menjelaskan gambar yang dimaksud

–          Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

  1. Motivasi

–          Guru menanyakan apakah peserta didik sudah belajar materi yang akan dipelajari bersama

–          Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator  yang akan dicapai dalam proses pembelajaran

  1. 2.      Kegiatan Inti
    1. Eksplorasi

–          Menjelaskan secara singkat tentang Pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara , proses perumusan pancasila, serta pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh

–          melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber;

  1. Elaborasi

–          Guru menggunakan model pembelajaran inovatif “temukan pasanganku”

–          guru membagi siswa dalam 2 kelompok heterogen

–          Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban

–          Satu kelompok mendapat 2 buah kartu

–          Siswa berdiskusi memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang

–          siswa mencari pasangan yang cocok dengan kartunya (soal/jawaban) dalam waktu 10 detik

–          kelompok yang dapat mencocokkan kartunya dengan benar sebelum batas waktu diberi poin

–          Demikian seterusnya

–          Kesimpulan/penutup

  1. Konfirmasi

–          memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

–          memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  • membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
  1. 3.      Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

–          bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

–          melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan

–          merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

–          memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, memberikan post test/ memberikan tugas-tugas.

–          menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

E.     Sumber Pembelajaran

1.      Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,

2.      LKS PKn kelas VIII semester 1

3.      Buku atau tulisan tentang Pancasila

4.      UUD 1945

F.     Media Pembelajaran

1.      Media internet

2.      White Board, spidol, penghapus

3.      absensi,

4.      gambar Garuda Pancasila

5.      LCD dan komputer

6.      Kartu soal dan jawaban

G.    Evaluasi

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran 

Indikator pencapaian

Teknik

 penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen

  • Menjelaskan  pentingnya ideologi  bagi suatu bangsa dan negara
  • Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
  • Menjelaskan pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh
Tes Tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes Tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penugasan

Pilihan ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uraian

 

  1. Dengan berideologi, maka suatu bangsa akan ….
    1. menjadi bangsa yang kuat
    2. memiliki gambaran masa depan yang di cita-citakan
    3. mampu bersikap tegas terhadap pengaruh bangsa lain
    4. mampu mempertahankan kelangsungan hidup bangsanya
    5. Pancasila sebagai dasar negara secara yuridis disahkan pada …
      1. tanggal 1 Juli 1945
      2. tanggal 17 Agustus 1945
      3. tanggal 18 Agustus 1945
      4. tanggal 17 Agustus 1950
    6. Rumusan Pancasila sebagai ideologi yang benar dan sah tercantum dalam …
      1. Piagam Jakarta
      2. UUD 1945
      3. Pembukaan UUD 1945
      4. undang-undang
    7. Ideologi negara Indonesia berasal dari …
      1. ideologi bangsa lain yang dianggap baik
      2. nilai-nilai kehidupan dan kebudayaan bangsa sendiri
      3. pandangan para pendiri bangsa
      4. pandangan seseorang yang dihormati
    8. Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara, artinya ….
      1. ditulis di dalam dokumen negara
      2. Menata dan mengatur penyelenggaraan negara
      3. perjanjian luhur bangsa
      4. sebagai lambang negara

 

  1. Jelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa!
  2. Tuliskan rumusan Pancasila yang tercantum dalam Piagam Jakarta
  3. Tuliskan rumusan pancasila yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945!
  4. Sebutkan 3 fungsi ideologi bagi suatu negara !

10.Jelaskan pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh !

 

Mengerjakan soal-soal yang ada di buku LKS tentang materi yang telah diajarkan

 

  • Kunci jawaban

Pilihan ganda :

  1. B
  2. C
  3. C
  4. B
  5. B

Uraian :

  1. Ideologi Pancasila yaitu sebagai keseluruhan pandangan, cita-cita, keyakinan dan nilai bangsa Indonesia yang secara normatif perlu diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Ideologi negara sebagai juga pemersatu negara. Fungsi pemersatu dilakukan dengan menyatukan keberagaman ataupun keanekaragaman.
  2. Rumusan Pancasila yang tercantum dalam Piagam Jakarta :

1.)    Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya

2.)    Kemanusiaan yang adil dan beradab

3.)    Persatuan Indonesia

4.)    Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

5.)    Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

  1. Rumusan Pancasila yang tercantum dalam UUD 1945 :

1.)    Ketuhanan Yang Maha Esa

2.)    Kemanusiaan yang adil dan beradab

3.)    Persatuan Indonesia

4.)    Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

5.)    Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

  1. Fungsi ideologi bagi suatu negara :
  2. Pengertian pancasila sebagai kesatuan yang utuh dan bulat bahwa sila-sila yang terkandung dalam Pancasila antara sila satu dengan sila yang lain tidak dapat di pisah.
  1. Sebagai norma-norma yang menjadi pedoman pegangan bagi seseorang untuk melangkah dan bertindak
  2. Sebagai bekal dan jalan bagi seseorang untuk menemukan identitasnya, kekuatan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan
  3. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, memolakan segala tingkahlakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung didalamnya.
  4. Struktur kognitif, ialah keseluruhan pengetahuan yang dapat merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian-kejadian dalam alam sekitar
  5. Orientasi dasar dengan membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam hidup manusia

 

A.     Penilaian

–          Untuk test obyektif pilihan ganda setiap nomor yang benar diberi 5 point

Jumlah Jawaban benar x 5 = 25

–          Untuk test uraian satu nomor maksimal 15 point

Jika semua jawaban benar = 75

Penilaian = jumlah nilai test obyektif + jumlah nilai test uraian

 

§  Penilaian Diskusi “temukan Pasanganku”

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

 

No

Nama

Aspek Penilaian

Total Nilai

Sikap

Keaktifan

Wawasan

Kemampuan Mengemuka-kan Pendapat

Kerja sama

         

 

     

Kriteria penskoran
Sangat baik     : 5

Baik                 : 4

Cukup             : 3

Kurang                        : 2

Sangat kurang : 1

 

Jumlah skor yang diperoleh siswa

Nilai  =    ———————————————    X  100

Jumlah skor maksimal

 

Nilai akhir : nilai tes + nilai pengamatan diskusi

2

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP 1 KUDUS

 

 

(__________________________)

NIP/NIK : …………………………

  Surakarta,                      2013

Guru Mapel PKN

 

 

Tiara Faza Nurbiyanti

NIM : K6410058

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

note of my life

note of my life.wordpress.com

windah rahmawati

Be Yourself and Do the Best . WD ^^

aku elsa

tersenyumlah, maka hidup akan menjadi lebih indah :)

elyapipit

This WordPress.com site is the bee's knees

nurbiytiara

A topnotch WordPress.com site

%d bloggers like this: